ALEWOH.COM

Mengenal Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Perguruan tinggi atau pendidikan tinggi di Indonesia merupakan jenjang pendidikan setelah Sekolah Menengah Atas atau sederajat (MA / SMK). Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, perguruan tinggi merupakan jembatan bagi seorang pelajar untuk menuju ke dunia kerja. Begitu banyak nama perguruan tinggi di Indonesia. Ada yang ditambahkan "negeri", ada yang ditambahkan nama yayasan, ada yang universitas, sekolah tinggi, akademi, dan sebagainya.

Sebelum benar-benar memutuskan akan kuliah dimana, alangkah baiknya pelajari baik-baik bagaimana sebenarnya perguruan tinggi itu, kenapa bisa berbeda-beda. Pikirkan matang-matang ketika memilih perguruan tinggi, karena bisa berpengaruh pada pekerjaan / profesi yang ingin Kamu jalani nantinya.

Bentuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Perbedaan mencolok dari semuanya adalah mengenai keberagaman program studi yang disediakan. Universitas menyediakan program studi yang beragam. Sedangkan akademi hanya menyediakan program studi yang sejenis. Lebih lengkap mengenai bentuk perguruan tinggi dijelaskan berikut ini.

Universitas

Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyediakan beragam jurusan dan program studi. Universitas terdiri dari beberapa fakultas. Pada setiap fakultas terdapat beberapa jurusan yang terkait dengan nama fakultasnya.

Contohnya pada fakultas MIPA, terdapat jurusan matematika, fisika, kimia, biologi, dan sejenisnya. Jika diperlukan, jurusan yang ada di fakultas dibagi lagi menjadi beberapa program studi. Contohnya pada jurusan matematika bisa saja dibagi lagi menjadi program studi matematika dan pendidikan matematika.

Institut

Institut merupakan perguruan tinggi yang mirip dengan universitas. Pada sebuah institut terdapat beberapa fakultas dan pada setiap fakultas terdiri dari beberapa jurusan. Jika universitas memiliki fakultas dan jurusan yang sangat beragam, di institut semua fakultas dan jurusan berlandaskan satu ilmu yang sama.

Contohnya Institut Teknologi, semua fakultas dan jurusannya terkait dengan teknologi / teknik. Sedangkan Insitut Kesenian memiliki fakultas dan jurusan yang terkait dengan seni.

Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang cakupan ilmunya lebih sempit dibanding universitas dan institut. Sekolah tinggi mirip dengan fakultas sehingga tidak terdapat beberapa fakultas. Hanya ada beberapa jurusan yang sejenis.

Contohnya, sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan hanya terdiri dari jurusan-jurusan yang terkait pendidikan. Sekolah tinggi ilmu ekonomi terdiri dari beberapa jurusan yang merupakan disiplin ilmu ekonomi atau management.

Politeknik

Mirip dengan sekolah tinggi, tetapi perguruan tinggi politeknik menekankan pada pendidikan kejuruan. Mempersiapkan lulusannya agar dapat menguasai ilmu yang telah dipelajari dan langsung dapat menerapkannya di dunia kerja. Jurusan di politeknik juga beragam.

Contohnya, di politeknik kesehatan terdapat jurusan keperawatan, kebidanan, farmasi, keperawatan gigi, gizi, kesehatan lingkungan dan analisis kesehatan.

Akademi

Seperti politeknik, akademi menekankan pada pendidikan kejuruan. Tetapi jurusan dan program studi di akademi lebih sempit lagi. Dikhususkan untuk keterampilan tertentu.

Contohnya akademi keperawatan, pendidikannya dikhususkan untuk mempersiapkan lulusannya agar cakap dalam bidang keperawatan. Contoh lainnya adalah akademi kebidanan, akademi kepolisian, akademi militer, dan sebagainya.


Oleh Opan
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Terwujudlah blog ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.


Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.


No comments:

Post a Comment